Rabu, 20 Mei 2015

KOMPAS


Kompas
Adalah alat navigasi untuk menentukan arah berupa sebuah panah penunjuk magnetis yang bebas menyelaraskan dirinya dengan medan magnet bumi secara akurat. Arah mata angin yang ditunjukkannya adalah Utara, Selatan, Timur, Barat.
Kompas ditemukan di abad kesembilan yang masih berupa jarum yang mengambang dan jarum yang berputar. Pelaut Persia memperoleh kompas dari orang Cina dan kemudian memperdagangkannya. Tetapi baru pada tahun 1877 William Thomson, Lord Kelvin membuat kompas yang bisa diterima oleh semua Negara.
Kompas dibagi menjadi dua jenis, yaitu kompas analog dan kompas digital. Kompas Analog adalah kompas yang biasa kita lihat dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja kompas yang digunakan ketika PRAMUKA. Sedangkan Kompas Digital merupakan kompas yang telah menggunakan proses digitalisasi. Dengan kata lain cara kerja kompas ini menggunakan komputerisasi.

Penggunaan kompas selalu dalam keadaan rata horizontal. Hal ini bertujuan agar jarum magnet penunjuk dapat berputar secara bebas horizontal untuk mengarah ke utara-selatan magnet bumi. Kebebasan gerak jarum magnet akan berpengaruh dalam keakuratan kompas.

0 komentar:

Posting Komentar